Bloglovin Google+ Facebook Twitter Image Map

3 August 2011

Amanda Bikin Tutorial Loh!


Pembaca Instan, kali ini aku mau coba bikin tutorial. Hmm, sebisaku aja, yaa? Aku nggak biasa bikin tutorial soalnya. Nah, kok tumben, Nda? Iya nih, gimana dong, permintaan blogger seksi, hahaha aku ndak bisa nolak deh :D


Tutorial pertama: Pasang lagu
Aku yakin kalian sudah tahu bagaimana caranya memasang mp3 player yang akan memutar lagu secara otomatis saat blog kalian dibuka. Nah, tapi yang dimaksud Annesya itu adalah mp3 player yang simpel nan oenjoe punyaku (kalian bisa lihat di sidebar sebelah kanan). Untuk membuatnya, yuk disimak langkah-langkah di bawah ini,
  • Pertama, simpan lagu yang ingin kalian putar di situs penyimpanan online. Kalau aku sih biasa di fileave.com. Setelah disimpan, jangan lupa catat url-nya
  • Buka halaman flash-mp3-player
  • Lalu, piih tipe mp3 player. Kalau blogku ini pakai yang tipe mini.
  • Nanti setelah diklik tipenya, maka akan muncul preview. Lihat di sebelah kanan halaman, ada beberapa menu yaitu, preview, documentation, generator, download, dan license. Nah, langsung saja klik menu generator.
  • Di bawah tulisan generator, akan ada pilihan kategori. Silakan tentukan sendiri mau yang general atau colors.
  • Setelah itu, lihat di kotak paling bawah yang bertuliskan html. Copy kode html tersebut.
  • Cari kode param name="FlashVars" value="mp3=http://
  • Ketemu? Nah, masukkan url file kalian di sana. Kalau sudah, tinggal masukkan keseluruhan html tersebut ke gadget (add gadget-html/javascript)

Tutorial kedua, gimana yaa biar tulisan kita nggak bisa dicopy?
Nah, beberapa blogger sudah mengantisipasinya dengan disable klik kanan, tapi selain membuat pembaca kesulitan membuka tab baru untuk link yang diselipkan pada sebuah posting, cara ini juga masih kurang efektif. Kenapa? Karena para copycat masih bisa memblok tulisan yang mereka 'kagumi' lalu menggunakan ctrl-C untuk mengcopy-nya.

Bagaimana dengan blogku? Awalnya aku juga sempat menggunakan cara disable klik kanan kok. Tapi, yaa merasakan sendiri repotnya tak bisa klik kanan di blog teman-teman, aku jadi mencari cara lain. Sekarang, bisa kalian coba, tulisan di blogku ini tidak bisa diblok, tapi kalau mau klik kanan, yaa masih bisa. Hmm, sebenarnya aku belum pernah jadi korban copycat. Bahagia dong? Yah, harus bahagia atau sedih, aku juga bingung. Kenapa? Karena berarti tulisanku ini belum bisa di'kagumi' para copycat itu, huhu. 

Kalau kalian mau memakai cara ini juga, hmm.. Gimana, yaa? Harusnya sih aku tinggal bilang "silakan copy kode ini.." Tapi kan setiap tulisan kecuali chatbox nggak bisa dicopy. Nah, ini dia kelemahannya. Kadang bikin ribet, hehe. Jadi, mau nggak mau nih, kalau nggak keberatan loh, tinggalkan email di kotak komentar, yaa! Nanti aku kirim via email.. Hiks.. Mau nggak mau :(
UPDATE: Duh, kok aku ini bodoh banget yaa? Daripada ribet ngirim via email, kalian bisa tanya mbah gugel kok, pasti ada ;)

22 comments:

  1. um... aku senang! makasih ya...
    eh, aku dikatain seksi. horeee *obatGilaHabis

    aku mau Manda, disini ya: annesya.devania@gmail.com

    jadi tulisan di blog ini beneran ga bisa dikopi blas gitu, ya? asyik dong (biarpun rada ribet :p)

    jgn gitu, copycat itu mencari mereka yg ga pede sama tulisannya untk di-bully. siapkan kutang... eh payung sblm hujan :D

    ReplyDelete
  2. amanda... aku mau. gimana caranya biar ga bisa di copy gitu? ajarin gak!!! *melotot, ancem pake pisau* hayooo....

    ini aku kasih alamat email ya *kalem lagi*
    cindywijayaceen@ymail.com

    :P

    ReplyDelete
  3. Ya ampun -__________-"

    udah aku kirim, monggo dicek emailnya.

    buat tante poni, pisonya umpetin lagi yaa tolong -.-"

    Annesya, yaa kalo dia ga nekat view source, masih aman kok :p

    ReplyDelete
  4. Manda... penasaran gue ma tulisan yang gak bisa di copas.. pliss, ajarin gue ye emailnye naymanis_1402@yahoo.com di tunggu ya :) thx

    ReplyDelete
  5. asik ka manda jadi guru :D
    aku mau juga dong tapi lupa pass email -_____________-

    ReplyDelete
  6. wahh asik nie patut di coba...

    blog nya keren hhe kunjungan perdana, nanti mampir balik ya :)

    ReplyDelete
  7. Tutorialnya mantap, tapi sepertinya tampilan web dengan lagu biasanya agak sedikit lelet ya ....

    ReplyDelete
  8. lucu juga pas tau ternyata masi ada kelemahannya. hemm...

    padahal penasaran banget sama yang gak bisa di blok ituuuuu :D

    ReplyDelete
  9. sama mbak manda punyaku juga tak gitukan.hehe

    ReplyDelete
  10. Mantap, tutorial yang bermanfaat untuk blogger yang mau masang musik.. :)
    gue juga masang gak bisa di copas dulu, tapi karena award yang harus dibagikan jadi gue lepasin, eh baru tau gue masih bisa di klik kanan, mantap dah.,

    ReplyDelete
  11. setiap cara pastia da kelemahannya. hehehehe..
    btw, keren lo manda dah bs jadi tutor, :D
    skali2 dhe mw cb neh pasang lagu :D

    ReplyDelete
  12. manda, ak suka ini! haha, thanks udah share ya :)

    ReplyDelete
  13. Lagu "Sometimes When We Touch" yg lu pasang di blog merdu banget...siapa yg nyanyi?

    ReplyDelete
  14. Mantap nih.., ajarin dong ilmunya.!!

    Siap jadi murid...,

    :)
    Follw balik ya..

    ReplyDelete
  15. utk yg tulisan gag bisa di kopi itu.. hmmm... keren keren.. :)

    ReplyDelete
  16. oklah mbax umtuk tips nya...boleh sangat untuk dicoba

    ReplyDelete
  17. Boleh aku minta nggak? send to my email ya....
    riu_aj@yahoo.com.sg
    Thanks

    ReplyDelete
  18. boleh minta ajarin jg ga?aku mau pasang lagu ma bikin ga bisa di-block (pdhal g ada yg mo ngopy jg sih,hahahaha...)
    email : ayu.luhputu@yahoo.com

    ReplyDelete
  19. Amanda...udah kupasang diblog.sukses!makasih ya :)

    ReplyDelete
  20. saya newbie nih :)
    salam kenal manda....
    maumaumau dong diajarin biar gak bisa di copycat, kan harus proteksi dini *halah... hihi...
    mail me manda at sharati566@gmail.com
    thanks a lot before :)

    ReplyDelete

Hi, there. Thanks for stopping by ^^ Kalau mau komentar, jangan anonim, yah! :)