Bloglovin Google+ Facebook Twitter Image Map

10 May 2011

Pra-UAS

Satu minggu sebelum UAS kayaknya layak dapet predikat minggu sibuk. Gimana nggak, hampir semua mata kuliah ngasih tugas. Tragisnya, tugas-tugas itu kebanyakan tugas lapangan.Nyontek? haha jangan harap.
  • Tugas pertama, Bahasa Indonesia Pers 
          Pernah berendem di koran? Yup, sedikit cerita aja, aku ngelakuin itu beberapa hari yang lalu. Semua sebatas buat nyari yang namanya kesalahan ejaan di koran. Langkah  pertama, aku cari di koran KOMPAS. Pelajarannya adalah editor KOMPAS nyatanya sangat handal, tidak ada kesalahan yang aku temukan di sana, Kawan. Langkah kedua, aku cari di koran "LAMPU MATI". Nggak berapa lama kesalahan ejaaan yang aku temukan udah masuk ke angka tujuh. CERDAS.
  • Tugas kedua, Pernaskahan Pers
          Kami ditugaskan untuk mewawancarai narasumber tanpa bantuan koneksi dari dosen tersebut, yang nantinya hasil wawancara itu harus kami susun menjadi feature atau berita ringan. Topik yang aku ajukan adalah Karawang yang terancam kehilangan identitas. Lumbung Padi? Ah, barangkali lebih tepat Lumbung Bangunan. Tapi itu sebatas kesimpulan sementara saja. Aku harus turun ke lapangan untuk memastikan apakah benar lahan persawahan di Karawang itu semakin menurun jumlahnya, seperti apa yang tertangkap mata.
  • Tugas ketiga, Manajemen Pemasaran
          Aku dan enam orang temanku diberi tugas untuk melakukan kunjungan ke salah satu penerbit buku. Dalam hal ini, kelompok kami akhirnya memilih Gagas Media. Selain karena lokasinya yang berdekatan dengan kampus, kami juga berpendapat bahwa Gagas Media memang sedang mendulang sukses. Banyak buku-buku terbitannya yang bahkan baru dikabarkan akan terbit saja sudah ditunggu-tunggu. Barangkali hal ini dikarenakan promosi yang gencar dan tepat sasaran. Barangkali? Ya, untuk kepastian, kami harus bertanya langsung ke sana.
  • Tugas keempat, Fotografi
          Kami ditugaskan untuk memotret di sekitar lokasi Kota Tua. Siapa sangka perjalan menuju dan setelah Kota Tua, ada banyak hal yang... ehm, bisa dibilang memalukan.
  • Tugas kelima, Komputer Grafis
          Rasa-rasanya ini adalah tugas yang paling tidak menyita waktu, sementara ini. Hanya sebatas macromedia, photoshop dan adobe ilustrator saja kok.
  • Tugas keenam, Desain Grafis
          Siapapun orangnya yang menyebut tugas ini enteng dan mengatakan itu sambil menjentikkan jari, akan kulempar pakai sepatu. Tugas desain grafis ini seringkali menguras habis waktuku, juga teman-teman yang lain agaknya. Selain karena ini-itu yang harus dibeli, dikerjakan manual dengan tangan, tugas ini juga tidak jarang membuat kami kebingungan. Jangankan mengerjakan, hal yang dimaksud saja kami tidak paham. Dan kali ini, kami ditugaskan untuk membuat newsletter. Haha ada yang berpikir itu mudah? Kalau begitu, aku tegaskan, KAMI HARUS MEMBUATNYA MANUAL. BUKAN KOMPUTER YANG IKUT CAMPUR.
  • Tugas ketujuh, PERNASKAHAN BUKU
          Membuat cerpen, lagi. Kali ini temanya jatuh cinta.

Yeah. Bukan sebatas pencitraan diri bila aku bilang aku sibuk, bukan?

No comments:

Post a Comment

Hi, there. Thanks for stopping by ^^ Kalau mau komentar, jangan anonim, yah! :)